1 warga positif leptospirosis, Kemenkes terjunkan tim untuk memeriksa tikus di sekitar lokasi.

1 warga positif leptospirosis, Kemenkes terjunkan tim untuk memeriksa tikus di sekitar lokasi.

3
643
0
Thursday, 21 April 2016
Berita Tulungagung

Bidan Puskesdes Desa Buntaran Kec. Rejotangan, yayuk wahyu mengatakan 1 warga di Desa buntaran rejotangan berinisial MD (55) dinyatakan positif menderita leptospirosis sejak sebulan yang lalu. Namun kini kondisinya berangsur membaik, usai menjalani rawat inap beberapa minggu di Rumah Sakit.
Yayuk menjelaskan MD merupakan pasien positif leptospirosis pertama di desa Buntaran Kec. rejotangan sehingga kasusnya cukup menyita perhatian. Bahkan mulai kemarin sore (20/04) beberapa perwakilaN Kementrian Kesehatan melalui Balai besar Teknik kesehatan lingkungan dan pengendalian penyakit turun ke desa Buntaran untuk memasang 30 perangkap tikus di sejumlah lokasi. Mulai dari rumah di sekitar MD dan di pekarangan tempat MD biasa bekerja. Sebab menurut pengakuannya kepada petugas kesehatan sebelum mengalami gejala demam tinggi, sakit kepala dan mual serta nyeri otot pada betis dirinya sempat memukul tikus hingga mati di ladang miliknya.
Sementara itu menurut Entomologi kesehatan muda dari Balai besar teknik kesehatan lingkungan dan pengendalian penyakit Kemenkes, Bagus Wijanarko mengatakan bakal meneliti 3 tikus yang terperangkap dalam perangkap tikus yang dipasang semalam.
Selain itu pihaknya juga telah mengambil sampel air di rumah MD untuk diuji di laboratorium guna melihat micro organisme yang terdapat di dalam air agar bisa dipastikan dari mana bakteri leptospirosa yang menyerang MD berasal.
Diperlukan waktu kurang lebih 14 hari untuk mengetahui hasil dari ujilabnya kali ini.’Tutup Bagus”.[fim]

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*